Abstract
PTIIK merupakan salah satu fakultas di Universitas Brawijaya yang memiliki jumlah mahasiswa yang besar dan memiliki kegiatan yang cukup padat. Banyak kegiatan yang dilakukan para pimpinan, dosen, karyawan maupun mahasiswa dimana mereka membutuhkan ruangan sebagai tempat melakukan kegiatan. Selain itu banyak juga para pengguna ruang yang belum mengetahui informasi ruangan yang hendak dipinjamnya, baik itu dari segi kegunaan ruangnya, kapasitas, fasilitas dan lokasi ruangannya. Untuk sementara ini proses pemesanan ruangan di PTIIK masih dilakukan dengan cara manual, yakni pihak yang ingin melakukan pemesanan ruang harus melapor terlebih dahulu ke bagian umum PTIIK dan memeriksa ketersediaan ruang yang kosong, setelah itu melakukan pengisian formulir penggunaan ruang yang disediakan oleh petugas umum, baru kemudian bagian umum akan meminta persetujuan kepala bagian umum dan menyetujui peminjaman ruangan. Oleh karena itu penulis ingin memberikan suatu solusi dengan membuat sistem berbasis web untuk mengoptimalkan dan memudahkan pihak-pihak terkait untuk melakukan proses pemesanan ruang. Sistem informasi yang akan dibangun dalam penelitian ini menggunakan pendekatan architecture planning, dengan tujuan utama dari pendekatan ini adalah untuk menyelaraskan antara struktur organisasi yang ada dengan memanfaatkan teknologi informasi. Sehingga dari penelitian ini akan menghasilkan cetak biru arsitektur data, aplikasi dan sistem informasi, selanjutnya hasil yang didapat dari pengujian blackbox dapat memenuhi proses bisnis yang dideskripsikan dan yang terakhir adalah hasil dari pengujian user acceptance didapat bahwa pengguna sebagian besar setuju pada semua faktor dalam pengujian, yaitu yang pertama faktor kemudahan dengan persentase sebesar 92,2%, kedua faktor manfaat sebesar 93,69%, dan ketiga faktor penerimaan sebesar 82,18%.