Abstract
Toko Buku Qudsi merupakan sebuah perusahaan penjualan buku eceran ataupun grosir yang memulai usaha sejak tahun 2010 di kota Malang. Untuk mewujudkan visi dan misi serta meningkatkan kualitas, Toko buku Qudsi perlu meningkatkan kualitas proses bisnis dalam rangka mengoptimalkan penjualan barang terutama dibagian pendataan barang. Terdapat beberapa masalah di alur proses bisnis Toko buku Qudsi sehingga membutuhkan perbaikan proses bisnis guna meningkatkan efisiensi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sebagai contoh kasus pada Toko Qudsi ini belum memiliki sebuah sistem informasi yang terintegrasi untuk kegiatan pelanggan, pendataan barang, dan front office. Sehingga kegiatan penyimpanan data pada toko Qudsi masih secara manual. Untuk itu Toko Qudsi membutuhkan adanya Arsitektur Enterprise. Enterprise arsitektur yang digunakan adalah zachman framework karena mampu membagi-bagi permasalahan dari berbagai sudut pandang, yaitu Planner view, Owner view, Designer view, Builder view, Subcontractor view, dan User view Penelitian ini menghasilkan usulan proses bisnis dan prototipe Sistem informasi pendukungnya. Dari hasil analisa Fit/Gap yaitu Simplify dengan partial sebesar 56%, Automated dengan partial sebesar 42%, integrated dengan partial sebesar 67% dan Eliminated dengan gap sebesar 67%. Sedangkan dari hasil pengujian menggunakan metode fungsional testing didapatkan hasil bahwa prototipe sistem proses penjualan barang telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan.