Abstract
PDAM adalah salah satu perusahaan yang memiliki banyak sekali pelanggan. Ketepatan dan kecepatan dalam penyampaian informasi tentunya menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam melakukan proses bisnisnya. Banyak proses bisnis yang perlu di otomisasi dengan menggunakan komputer, beberapa diantarnaya adalah proses pencatatan meteran air di PDAM yang masih dilakukan secara manual, banyaknya keluhan dari pelanggan bahwa angka meteran tidak berjalan sesuai dengan jumlah air yang dikeluarkan, pemeliharaan meteran air yang kurang penanganannya, dan banyaknya wilayah yang mengalami distribusi air yang tidak sesuai. Oleh karena itu, dibuatlah sistem pemeriksaan dan pencatatan meteran air PDAM yang dapat membantu PDAM dalam proses pencatatan, pemeliharaan, dan analisis distribusi air. Dalam mengembangkan aplikasi, analisis kebutuhan digunakan untuk mendefinisikan kebutuhan yang harus dipenuhi sistem agar sesuai dengan yang diharapkan. Rancangan sistem menghasilkan rancangan arsitektur, rancangan basis data, dan rancangan antarmuka. Implementasi dilakukan dengan membuat aplikasi mobile dengan pendekatan hybrid menggunakan jQueryMobile dan PhoneGap agar dapat dijalankan di berbagai platform, kemudian membuat webservice dengan menggunakan Laravel. Pengujian whitebox-testing digunakan dalam pengujian unit, dan blackbox-testing digunakan dalam pengujian validasi. Pada pengujian performance didapatkan hasil rata – rata 1.276 detik dari waktu yang diharapkan, yaitu 3 detik.