IMPLEMENTASI WEB-GIS UNTUK PENCARIAN AREA POTENSIAL MENGGUNAKAN LRFM MODEL

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 6 - Number 13
Year of Publication: 2015
Pradipta Nur Hafenda, Diah Priharsari dan Fatwa Ramdani
Download Article

 


Abstract

CV. Pustaka Jaya merupakan perusahaan penyedia jasa dan barang yang mempunyai lokasi di kabupaten Lumajang. Perusahaan ini berfokus pada sistem perlelangan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang. Perusahaan ini menerima proyek pekerjaan kebanyakan dari sistem penunjukan langsung, sehingga penting bagi perusahaan untuk dapat memberikan layanan yang baik sehingga dapat dipercaya oleh sekolah untuk dapat memberikan proyek pekerjaan kepada perusahaan. Permasalahan yang terjadi pada perusahaan ini adalah, perusahaan kesulitan untuk dapat menambah volume pelanggan. Salah satu cara untuk menambah volume pelanggan yaitu dengan memperluas area pemasaran perusahaan. Sama halnya dengan perusahaan lain, perusahaan ini juga mempunyai keinginan untuk dapat mengelola pelanggan yang sudah ada agar tetap loyal dan dapat menjaga hubungan baik. Berdasarkan permasalahan diatas, penulis mengembangkan sistem informasi geografis berbasis website yang menggunakan nilai LRFM (Length, Recency, Frequency, Monetary) dari setiap pelanggan dan perhitungan kerapatan jalan. Sistem ini diharapkan mampu memberikan saran bagi perusahaan mengenai daerah mana yang harusnya diprioritaskan untuk dapat melakukan perluasan pemasaran. Hasil dari sistem, sistem dapat menampilkan area potensial untuk perusahaan. Dari hasil pengujian black box, didapatkan hasil 100% valid untuk 28 kasus pengujian sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa fungsi sistem telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan untuk hasil wawancara dengan calon pengguna sistem, dari keseluruhan pertanyaan calon pengguna sistem sudah puas dengan hasil sistem informasi geografis berbasis website yang dibangun.

Keywords

Pemasaran, Sistem Informasi Geografis, LRFM Model