Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang pesat memegang peranan penting dalam pendistribusian informasi. Teknologi informasi juga memberikan pengaruh dan menuntut masyarakat untuk dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. CV. Dwi Jati adalah perusahaan yang bergerak pada bidang pembuatan furniture. Untuk melakukan pemesanan barang, pelanggan datang langsung ke perusahaan atau memanggil sales melalui telepon untuk datang kepada pelanggan. Hal tersebut menimbulkan dampak yang dapat merugikan perusahaan maupun pelanggan. Maka dibutuhkan solusi untuk memanajemen hubungan antara pelanggan dan perusahaan. Salah satu solusi yang dapat ditawarkan adalah dengan menerapkan strategi bisnis Customer Relationship Management (CRM). Dari penelitian ini diharapkan dapat membantu transaksi penjualan dengan sistem yang terkomputerisasi dan mengimplementasikan model kualitas McCall. Pengujian dengan model kualitas McCall dilakukan dengan dua pandangan, yaitu dengan pandangan dari sisi user (pengguna) dan pandangan dari sisi pengembang perangkat lunak. Pada sisi user(pengguna) penulis melakukan pengujian model kualitas McCall dengan faktor usability, integrity, efficiency, dan reliability. Sedangkan pada sisi pengembang perangkat lunak penulis menggunakan faktor correctnesss, efficiency, dan integrity. Berdasarkan hasil pengujian berbasis model kualitas McCall dari faktor integrity, efficiency, dan reliability, didapatkan hasil 8,78 yang dinilai sangat baik. Sedangkan pada faktor efficiency yang diujikan menggunakan tool YSlow, didapatkan nilai total 75, 03 yang berarti masuk dalam kategori cukup baik. Lalu pada faktor integrity yang diujikan dengan tool acunetix mendapatkan hasil celah keamanan pada tigkat high atau berbahaya berjumlah 3 peringatan, peringatan tingkat medium berjumlah 142, dan peringatan tingkat medium berjumlah 21.