Abstract
Proses Bisnis Pendistribusian Data Usaha Pariwisata (DUP) Provinsi NTB saat ini masih ditemukan beberapa masalah, yakni pengaksesan data tidak dapat dilakukan sewaktu-waktu, bentuk penyajian data masih manual, dan proses pembaruan data memerlukan waktu yang lama. Untuk itu, pada penelitian ini dilakukan Bussiness Process Improvement (BPI) menggunakan sistem informasi berbasis web yang dirancang dengan metode Prototype. BPI dipilih karena terdapat proses otomatisasi dan simplifikasi yang dapat membuat proses pendistribusian DUP menjadi lebih cepat. Pengujian sistem dilakukan dengan Functional Testing (pengujian fungsional) untuk meguji modul pada sistem, dan User Acceptance Testing (UAT) untuk menilai tingkat keberterimaan aplikasi terhadap pengguna.
Hasil pengujian fungsional menunjukkan bahwa seluruh fungsi pada sistem berjalan sesuai dengan kebutuhan fungsional, dan hasil pengujian UAT kepada 40 responden yang terdiri dari 35 pengguna dan 5 petugas dinas menyatakan bahwa Sistem Informasi Data Usaha Pariwisata (SI DUP) bermanfaat dan cukup mudah untuk digunakan.