IMPLEMENTASI PERILAKU TAKTIS DAN STRATEGIS NON PLAYER CHARACTER PADA FIRST PERSON MILITARY SIMULATION GAME MENGGUNAKAN FINITE STATE MACHINE

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 12
Year of Publication: 2016
Adhitya Wiratama, Eriq Muh. Adams Jonemaro dan Issa Arwani
Download Article

 


Abstract

Pada saat ini game tidak hanya digunakan sebagai hiburan melainkan dapat juga dikombinasikan dengan pembelajaran dan permainan untuk menjadi game simulasi. Game simulasi perlu didukung oleh NPC yang taktis  dan strategis agar permainan menjadi lebih realistis. Pada game simulasi perilaku ini dipengaruhi oleh decision making (pengambilan keputusan) dari NPC tersebut. Salah satu metode decision making adalah Finite State Machine. Finite State Machine menggunakan state untuk mengatur action dari NPC dan menggunakan event untuk mengatur transisi state dari NPC. Metode ini mudah diterapkan dan membutuhkan komputasi yang ringan untuk diimplementasikan pada game yang tidak terlalu kompleks. Dari hasil pengujian, dapat dikatakan bahwa metode Finite State Machine (FSM) berfungsi dengan baik pada NPC First Person Military Simulation Game dan memilki tingkat akurasi 100% karena NPC dapat menjalankan action-action yang tepat sesuai dengan perubahan atau event yang terjadi dalam game.

Keywords

Game Simulasi, Pengambilan Keputusan, Non Player Character, Finite State Machine