PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK SEGMENTASI PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE LRFM (LENGTH, RECENCY, FREQUENCY, MONETARY)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2017 by Doro Jurnal
Volume 9 - Number 12
Year of Publication: 2017
Bayu Adi Bhaskara, Satrio Agung W. dan Retno Indah Rokhmawati
Download Article

 


Abstract

Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Brawijaya (KPRI UB) bergerak dibidang simpan pinjam dan perdagangan umum. KPRI UB memiliki dua jenis pelanggan yaitu pelanggan umum dan pelanggan yang memiliki kartu anggota. Pelanggan yang memiliki kartu anggota adalah dosen dan karyawan dari Universitas Brawijaya. Setiap pelanggan yang memiliki kartu anggota mempunyai transasksi yang berbeda-beda sesuai dengan jumlah pembelian dari setiap pelanggan. KPRI UB menyimpan data pelanggan dan transaksi dari setiap pelanggan akan tetapi, KPRI UB kurang mengolah data pelanggan dan data transaksi untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga, perlu melakukan perancangan sistem informasi untuk segmentasi pelanggan dengan menggunakan LRFM (Length, Recency, Frequency, Monetary). Dengan mengetahui segementasi pelanggan, maka KPRI UB dapat menentukan jenis pelayanan yang tepat untuk setiap pelanggan sesuai dengan segmentasi pelanggan. Hasil dari penelitain ini sistem informasi berupa aplikasi web yang dapat mengolah data dengan metode LRFM untuk menentukan pelanggan menjadi 5 jenis yaitu Core Customers, Potential Customers, Lost Customers, New Customers, dan Consuming Resource Customers

Keywords

Manajemen Hubungan Pelanggan, Segmentasi pelanggan, LRFM (Length, Recency, Frequency, Monetary)