DESAIN DAN IMPLEMENTASI MIXED REALITY SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DITINGKAT SEKOLAH DASAR KELAS V MENGGUNAKAN TEKNOLOGI HOLOGRAM

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 12
Year of Publication: 2016
Muhfid Ali Pambudi, Wibisono Sukmo Wardhono dan Issa Arwani
Download Article

 


Abstract

Banyak pengajar Ilmu Pengetahuan Alam yang mengalami kesulitan pada pembelajaran sistem pernapasan manusia khususnya bagi siswa pemula yang baru mengenal pelajaran sistem pernapasan manusia. Cara pengajaran selama ini yang menggunakan papan tulis dan buku panduan dianggap kurang efektif untuk membantu siswa agar mudah mengingat fungsi dari beberapa organ pernapasan manusia dan mengetahui alur pernapasan manusia.

Untuk itu dalam penelitian ini dibuat sebuah aplikasi  sistem pernapasan manusia dengan menerapkan teknologi Mixed Reality (MR) dan menggunakan teknik hologram. Aplikasi ini menerapkan MR dalam tampilan animasi pernapasan manusia dan hologram sebagai tempat untuk menghasilkan bayangan 3 dimensi. Aplikasi dapat memberikan contoh alur pernapasan manusia yang disertai penjelasan disetiap organnya.

Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan  bahwa animasi 3D dapat muncul tegak lurus dan sesuai dengan objek pada kemiringan akrilik 45 derajat, dan jarak optimal untuk melihat animasi hologram yakni 70-110cm. Pengujian pada pengguna murid SD yang baru mengenal pembelajaran sistem pernapasan manusia menunjukkan adanya efektifitas pembelajaran dimana 80,57% murid dapat menerima aplikasi yang telah dibuat. Sedangkan untuk tingkat kelayakan aplikasi didapatkan melalui dua kali test yang dilakukan pada 10 responden, untuk test pertama sebelum menggunakan aplikasai  Hiteru didapatkan hasil rata-rata  50%, sedangkan pada test selanjutnya setelah menggunakan aplikasi didapatkan hasil rata-rata 80%.

Keywords

Mixed Reality, Sistem pernapasan manusia, Hologram.