EVALUASI APLIKASI NANDA (NEW APPLICATION OF ONE DAY ASSESSMENT) APP MALANG MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION (STUDI KASUS : PT. PLN (PERSERO) TJBTB APP MALANG)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2017 by Doro Jurnal
Volume 9 - Number 12
Year of Publication: 2017
Emalia Yulis A, Aditya Rachmadi dan Retno Indah Rokhmawati
Download Article

 


Abstract

Salah satu instansi sektor publik yang memanfaatkan teknologi sistem informasi adalah instansi milik pemerintah yaitu PT. PLN (Persero) P3B Jawa Bali. Bagi instansi ini, teknologi sistem informasi telah menjadi kebutuhan untuk menunjang proses dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Salah satunya dengan menerapkan aplikasi NANDA yang merupakan aplikasi untuk proses assessment dalam pemeriksaan peralatan di setiap Gardu Induk. Untuk dapat dengan mudah membantu menyelesaikan pekerjaan, sebuah sistem informasi harus mengutamakan kenyamanan pengguna terutama pada aspek usability. Terdapat banyak metode untuk mengevaluasi aspek usability sistem informasi, salah satunya adalah metode Heuristic Evaluation (HE). Penelitian ini mengunakan metode Heuristic Evaluation (HE) dalam mengevaluasi aplikasi NANDA (New Application Of One Day Assessment). Dengan memusatkan pada penemuan permasalahan usability, Heuristic Evaluation melibatkan evaluator untuk mencari masalah tersebut. Dalam melakukan evaluasi, evaluator yang dilibatkan berjumlah 6 orang dengan berbagai latar belakang. Evaluator dipilih berdasarkan pengalamannya dalam bidang tertentu yang membantu untuk menemukan permasalahan usability. Evaluasi dilakukan berdasarkan heuristic yang sudah ditentukan dengan berjumlah 10 heuristic dan terbagi menjadi dua tahapan evaluasi yaitu evaluasi tahap 1 merupakan evaluasi untuk menemukan permasalahan oleh 3 evaluator pertama. Sedangkan evaluasi tahap 2 merupakan evaluasi lanjutan oleh 3 evaluator berikutnya terhadap rancangan perbaikan yang diberikan berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada evaluasi tahap 1. Permasalahan yang teridentifikasi pada tahap 1 berjumlah 20 permasalahan. Sedangkan pada tahap 2 teridentifikasi 11 permasalahan. Setiap permasalahan memiliki tingkat severity atau kepelikan masalah dengan tingkat rata-rata severity pada tahap 1 adalah 2,3 poin dan pada tahap 2 adalah 2,5 poin. Dalam skala Nielsen, berarti tingkat masalah usability pada aplikasi yang diteliti memiliki tingkat minor sehingga diperlukan perbaikan dan pengembangan berdasarkan perbandingan antara hasil evaluasi tahap 1 dan evaluasi tahap 2 terhadap perbaikan aplikasi NANDA yang masih banyak ditemukan permasalahan

Keywords

Heuristic Evaluation, Severity Ratings, Usability