RANCANG BANGUN MOBILE GAME CLIENT PADA PERMAINAN STRATEGY KERAJAAN

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2014 by Doro Jurnal
Volume 4 - Number 12
Year of Publication: 2014
Maydanil Arkham, Eriq Muh. Adams Jonemaro dan Wibisono Sukmo Wardhono
Download Article

 


Abstract

Permainan strategy Kerajaan Majapahit merupakan sebuah permainan strategy multiplayer yang bertujuan untuk dapat dijadikan sebagai sarana hiburan sekaligus sumber informasi sejarah dan kebudayaan bangsa Indonesia khususnya sejarah Kerajaan Majapahit. Pada permainan ini pemain ditugaskan untuk mengatur strategi agar dapat memakmurkan desa yang dimilikinya sehingga dapat bersaing dengan desa pemain lain. Perancangan game client pada permainan dilakukan melalui game concept design dan analisis kebutuhan serta technical design. Implementasi dari permainan ini dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan diintegerasikan dengan game server permainan strategy Kerajaan Majapahit. Proses pengujian terhadap perangkat lunak dilakukan melalui empat tahapan. Tahapan tersebut antara lain pengujian unit, pengujian integrasi pengujian validasi serta pengujian kompatibilitas . Dari hasil pengujian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa game client telah memenuhi kebutuhan fungsional maupun non fungsional yang ditetapkan.

Keywords

Permainan Strategy, Kerajaan Majapahit, Game Client