IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT PADA REKOMENDASI PEMBELIAN PEMAIN MUDA KLUB SEPAKBOLA 

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 8 - Number 11
Year of Publication: 2016
Angga Alensius, Edy Santoso dan Budi Darma Setiawan
Download Article

 


Abstract

Sebuah klub sepakbola profesional yang bersaing di level atas memerlukan manajemen yang tepat bagi klub, salah satunya adalah manajemen pemain muda. Karena pentingnya pemain muda untuk masa depan klub, banyak klub yang sudah mempunyai akademi pemain muda sendiri, namun banyak klub yang masih belum mempunyainya, terutama klub kecil yang mempunyai dana tidak banyak. Karena itu klub harus mengambil langkah, yaitu membeli pemain muda pada waktu transfer pemain dibuka. Harga pemain muda tersebut tentu tidaklah murah, apalagi jika klub peminatnya adalah klub-klub besar. Dari permasalahan tersebut, penulis melakukan suatu penelitian yang mengimplementasikan metode Weighted Product untuk membantu sebuah klub sepakbola dalam pembelian pemain muda yang sesuai dengan kebutuhan klub. Berdasarkan data pemain yang didapatkan dari situs transfermarkt.co.uk kriteria yang digunakan sebagai rekomendasi pembelian pemain muda adalah harga jual (dalam Juta Euro), umur (tahun), pengalaman bertanding (jumlah penampilan musim lalu, level pertandingan berdasarkan klub pemain), asal negara (beberapa pemain mempunyai lebih dari satu negara), dan sisa kontrak pemain (tahun). Data-data tersebut didapatkan dari FIFA, IFFHS, transfermarkt.de dan website sepakbola resmi lainnya. Tingkat kesesuaian sistem yang dihasilkan sebesar 90% jika dibandingkan dengan keadaan sebenarnya (fakta) dimana klub membeli pemain tersebut menunjukkan bahwa sistem dapat memberi rekomendasi dengan baik.

Keywords

Manajemen Pemain Muda, Transfer Pemain, Weighted Product