Abstract
Terdapat jarak yang cukup jauh antara Koperasi Karyawan Sejahtera PT. Multibreeder Adirama Indonesia Tbk. yang beralamatkan di Jalan Raya Surabaya – Malang Km 59 – Sengonagung – Purwosari – Pasuruan dengan PT. Multibreeder Adirama Indonesia Tbk. sendiri yang beralamatkan di Jalan Hrm. Mangundiprojo Km. 3,5 Sidoarjo. Koperasi Karyawan Sejahtera PT. Multibreeder Adirama Indonesia Tbk. beranggotakan para karyawan PT. Multibreeder Adirama Indonesia yang unit operasionalnya tersebar di berbagai daerah. Tetapi daerah tersebut tidak semua terjangkau oleh internet. Dengan kondisi daerah-daerah yang tidak terjangkau internet, Koperasi membutuhkan sistem yang dapat mengatasi permasalahan jarak Koperasi dan PT. Multibreeder Adirama Indonesia.
Pengembangan perangkat lunak dapat berdasarkan pada metode Spiral Boehm. Metode Spiral Boehm merupakan metode yang berdasarkan pada resiko-resiko yang mungkin akan terjadi, sehingga diperlukan manajemen resiko untuk mencari solusi dari resiko-resiko tersebut. Dengan melihat permasalahan yang terjadi pada Koperasi karyawan Sejahtera PT. Multibreeder Adirama Indonesia Tbk. dan berdasarkan metode Spiral Boehm, penelitian ini akan membahas bagaimana penggunaan metode Spiral Boehm pada Aplikasi Layanan Pengecekan Tabungan dan Belanja Online Berbasis SMS serta tingkat kegunaan layanan tersebut pada anggota Koperasi.