ANALISIS PROSES BISNIS BIDANG KESEJAHTERAAN DAN PEMBINAAN DISIPLIN PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (STUDI KASUS: BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA MALANG) 

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 8 - Number 11
Year of Publication: 2016
Dewi Nuraini W, Suprapto dan Retno Indah Rokhmawati
Download Article

 


Abstract

Abstrak

Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang atau BKD Kota Malang merupakan organisasi pemerintahan yang mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang kepegawaian. BKD Kota Malang memiliki empat bidang utama dan satu Bidang Sekretariat, salah satu bidang yaitu Bidang Kesejahteraan dan Pembinaan Disiplin Pegawai (KPD). Terdapat empat sistem informasi sebagai IT pendukung proses bisnis, tetapi pada Bidang KPD hanya menggunakan dua sistem informasi yang masih belum optimal dalam penggunaannya dan belum ada penjadwalan maintenance secara teratur. Sehingga sistem informasi tersebut  kurang efisien dan efektif dalam pemenuhan kebutuhan operasional. Sebagian besar aktivitas pada proses bisnis masih menggunakan cara manual dengan alur proses yang panjang dan serupa. Akibatnya petugas yang melaksanakan aktivitas tersebut membutuhkan kerja ekstra dan kinerja petugas menjadi kurang efisien serta membutuhkan banyak waktu. Oleh karena itu perlu adanyaa peningkatan proses bisnis dengan melakukan pengoptimalan sistem informasi dan saling terintegrasi serta adanya pemeliharaan TI.  Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi proses bisnis usulan menggunakan beberapa Streamlining tools pada Business Process Improvement (BPI) dan melakukan simulasi pemodelan proses bisnis untuk mengetahui perbandingan hasil proses bisnis saat ini (as-is) dan usulan (to-be).

Keywords

Proses Bisnis, Business Process Improvement (BPI), pemodelan proses bisnis, BKD Kota Malang