RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN OBESITAS  UNTUK ANAK USIA 5-12 TAHUN 

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 8 - Number 11
Year of Publication: 2016
Mahisa Dyan Diptya, Issa Arwani dan Wibisono Sukmo Wardhono
Download Article

 


Abstract

Obesitas atau kegemukan adalah suatu kelainan atau penyakit yang ditandai dengan kenaikan berat badan karena terdapat penimbunan jaringan lemak dalam tubuh secara berlebihan. Obesitas pada masa anak dapat meningkatkan resiko seorang anak terkena berbagai penyakit seperti diabetes melitus, jantung, penyumbatan pembuluh darah, tekanan darah tinggi serta berpotensi menjadi obesitas pada saat dewasa. Obesitas yang dialami oleh anak tidak hanya akan membuatnya beresiko mengalami penyakit saja akan tetapi dapat juga menurunkan tingkat kecerdasan karena aktivitas dan kreativitas anak menjadi menurun dan cenderung malas akibat kelebihan berat badan. Melihat kondisi tersebut, perlu dilakukan upaya pencegahan dan penanggulangan faktor risiko obesitas dengan mengenalkan edukasi obesitas kepada anak.

Salah satu media pendidikan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah dengan menggunakan game edukasi, karena game edukasi tidak hanya bersifat menghibur, tetapi didalamnya mendukung proses pengajaran dan pembelajaran. Dari hasil pengujian terhadap anak umur 5-12 Tahun menunjukkan bahwa game edukasi ini dapat diterima dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari lebih dari 76% pengguna menyatakan game ini cukup menyenangkan dan membantu anak belajar dalam mengenal obesitas.

Keywords

Obesitas, Game, Edukasi