Abstract
Pendidikan merupakan wadah bagi generasi penerus bangsa ini untuk menuntut ilmu. Dimana pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk mewujudkan generasi bangsa yang berkualitas dan berakhlak baik. Sekolah merupakan institusi pendidikan yang menerapkan sistem pembinaan yang bersifat mengembangkan potensi para siswa, baik dari segi akademik maupun non-akademik. Pada tahun ajaran baru setiap sekolah akan melakukan seleksi untuk menentukan penerimaan siswa baru. Seleksi digunakan untuk mengetahui tingkat kompetensi yang dimiliki calon siswa baru. Dalam menentukan penerimaan siswa baru sekolah memiliki banyak kriteria yang dijadikan sebagai acuan dalam menentukan siswa yang diterima atau tidak, keterbatasn waktu untuk melakukan seleksi dan banyaknya calon siswa baru yang mendaftar, menjadi kesulitan tersendiri bagi pihak sekolah.
Oleh karena itu, penulis ingin membantu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan membuat sistem penentuan penerimaan siswa baru di SMA Negeri 1 Menthobi Raya menggunakan metode fuzzy analytical hierarchy process (F-AHP). Dari hasil perbandingan data manual dari pihak sekolah dengan data keluaran sistem memiliki akurasi 91,83%, kemudian dilakukan dua pengujian pengaruh nilai matriks perbandingan berpasangan terhadap akurasi dengan menghasilkan 92,86% pada skenario pengujian pertama dan 94,89% pada skenario pengujian kedua. Dengan demikian akurasi yang digunakan adalah skenario pengujian kedua dengan akurasi 94,89%.