Abstract
Koperasi simpan pinjam Malindo Artha merupakan salah satu badan usaha koperasi besar di Tulungagung yang memiliki banyak anggota. Banyaknya anggota koperasi yang menjalin kerja sama mengharuskan pihak Malindo untuk dapat mengelola data anggota dengan baik, dan dapat menganalisa anggota yang berpotensi ataupun anggota yang membandel dalam proses pembayaran angsuran untuk membantu pengambilan keputusan kredit selanjutnya. Permasalahan yang terjadi pada Koperasi Simpan Pinjam Malindo Artha saat ini adalah belum adanya sistem untuk mempermudah pengelolaan data anggota dan mempermudah penyampaian informasi dari pihak koperasi ke anggota koperasi. Berdasarkan fakta tersebut, penulis akan melakukan pengembangan Customer Relationship Management (CRM) pada domain Service Automation dengan mengambil fungsi contact centres demi menjaga loyalitas dan menambah kepuasan anggota pada koperasi simpan pinjam Malindo Artha. Dari hasil penelitian telah dihasilkan sistem informasi customer relationship management berbasis web dengan memanfaatkan teknologi SMS Gateway untuk memudahkan penyampain informasi dari pegawai koperasi ke anggota koperasi. Dari hasil black box testing, didapatkan hasil 100% valid untuk 39 kasus yang diujikan, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa fungsionalitas sistem telah berjalan sesuai perancangan yang telah dibuat.Sedangkan untuk usability testing, dengan menyebarkan kuisioner terhadap 11 responden, dengan rentang nilai 1-5, didapatkan nilai rata-rata > 3 untuk setiap aspek usability yang diujikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem telah memenuhi 5 aspek usability yaitu Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, dan Satisfaction.