Abstract
ABSTRAK
Minat masyarakat dalam mengkonsumsi video melalui smartphone cukup tinggi, salah satunya untuk menonton video movie. Susahnya menemukan video movie yang diinginkan merupakan masalah yang sering muncul pada saat melakukan pencarian, terutama ketika menggunakan mesin pencari umum. Menemukan konten video yang paling relevan berdasarkan kueri pengguna adalah tujuan utama dari mesin pencari. Hasil pencarian yang tidak relevan menyebabkan pengguna mengubah kueri berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, hal tersebut menyebabkan memakan sumber daya yang cukup besar dan memakan banyak waktu. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan optimasi hasil pencarian video. Metode yang diajukan dalam penelitian ini adalah metode penambahan kata kunci tertentu dan penggunaan filter seleksi video. Metode yang diajukan bertujuan membantu pengguna dalam mengembangkan kueri yang lebih akurat dan meminimalisir hasil pencarian yang tidak relevan.
Sepuluh kata kunci diperoleh melalui YouTube suggestion words dan dikombinasikan dengan masukan kueri dari pengguna yang berupa judul movie sebagai kata kunci pencarian. Berdasarkan eksperimen yang dilakukan, didapatkan lima kata kunci terbaik yaitu yaitu “film full”, “full film”, “full movie”, “full film movie” dan “film full movie” yang akan diuji pada mesin pencari konten video movie pada perangkat bergerak. Evaluasi akurasi dilakukan dengan perhitungan Top-1 precision dan Top-10 precision. Berdasarkan analisis hasil pengujian ditunjukkan bahwa metode yang diajukan dapat meningkatkan akurasi hasil pencarian video movie pada Top-1 sebesar 188% dengan penambahan kata kunci “film full” dan “full film” dan meningkatkan akurasi hasil pencarian video movie dalam Top-10 sebesar 250% dengan penambahan kata kunci “full film” dibandingkan pencarian yang tanpa kata kunci tambahan dan filter seleksi video.