Abstract
Universitas Brawijaya (UB) menerapkan standar Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 melalui Pusat Jaminan Mutu UB. SMM ISO 9001:2008 mensyaratkan berbagai dokumen mutu. Pengelolaan dokumen mutu di UB saat ini belum terpadu. Dengan pengelolaan yang tidak terpadu, akan sulit untuk mengelola dokumen mutu tiap unit kerja di UB. Dokumen mutu tiap unit kerja akan tersebar di masing-masing unit kerja dan tidak mudah diakses sewaktu-waktu. Serta penataan arsip dokumen menjadi tidak rapi dan tidak teratur karena tidak menggunakan sistem informasi manajemen dokumen yang memiliki pencatatan informasi tiap dokumen mutu yang dibuat, termasuk revisi dokumen dan gambar Standar Operating Procedure (SOP) yang berkaitan dengan manual prosedur. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan Sistem Informasi Manajemen Dokumen yang terpadu dan sesuai dengan standar pengendalian dokumen ISO 9001:2008. Dengan adanya Sistem Informasi Manajemen Dokumen Standar Mutu memberikan kemudahan pengelolaan dokumen antara lain: (1) Memastikan dokumen sah dan mudah diidentifikasi, (2) Dokumen terdistribusi dengan baik, (3) Dapat memastikan perubahan dan status revisi dokumen terkini, (4) Mencegah dokumen yang sudah tidak berlaku digunakan secara sengaja atau tidak sengaja dengan adanya data status dan keterangan di tiap revisi dokumen. Berdasarkan hasil pengujian dari implementasi Sistem Informasi Manajemen Dokumen Satandar Mutu dengan metode white box diperoleh hasil bahwa unit modul dari program sudah memenuhi kebutuhan fungsional. Dan pengujian black box dengan metode pengujian validasi memperoleh hasil 100% valid. Serta hasil pengujian usability sistem secara keseluruhan sebesar 79.68%, menunjukkan bahwa pengguna merasa mudah dalam menggunakan aplikasi