Abstract
Poliklinik Universitas Brawijaya (UB) merupakan institusi unsur pelaksana non-akademik universitas yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan pada civitas akademika beserta keluarganya, serta masyarakat umum yang berada di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Rektor. Untuk mewujudkan visi dan misi serta meningkatkan kualitas, Poliklinik UB perlu meningkatkan kualitas proses bisnis dalam rangka mengoptimalkan pelayanan kesehatan pasien, terutama di bagian pendaftaran pasien, proses pemeriksaan di poli, dan pemberian obat. Ada beberapa masalah di alur proses bisnis pelayanan pasien di Poliklinik UB yang membutuhkan perbaikan proses bisnis guna memberikan efisiensi sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
Penelitian ini menggunakan metodologi pengembangan arsitektur enterprise Zachman Framework. Zachman Framework adalah arsitektur enterprise yang menyediakan cara yang formal dan sangat terstruktur dalam meilihat dan mendefinisikan suatu perusahaan. Zachman Framework adalah sebuah framework yang strukturnya sederhana dan logis untuk mengkalisifikasikan dan mengatur representasi deskriptif dari sebuah perusahaan.
Penelitian ini menghasilkan usulan proses bisnis dan prototipe Sistem Informasi pendukungnya. Dari hasil analisa fit/gap yaitu Eliminated dengan Gap/Partial sebesar 50%, Simplify dengan partial sebesar 43,3%, Automated dengan partial 90%, dan Integrated dengan Partial sebesar 75%. Sedangkan dari hasil pengujian menggunakan metode fungsional testing didapatkan hasil bahwa prototipe sistem proses pelayanan pasien telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan.