PENENTUAN SISWA BERPRESTASI PADA SMP NEGERI 3 MEJAYAN DENGAN FUZZY LOGIC TSUKAMOTO DAN WEIGHTED PRODUCT 

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 8 - Number 10
Year of Publication: 2016
Syahlan Fajar Nuzuli, Indriati dan Candra Dewi
Download Article

 


Abstract

Pendidikan dipandang memiliki peran penting dalam membentuk generasi mendatang karena dapat membentuk generasi manusia yang berkualitas dan berakhlak. Untuk mencapai tujuan tersebut,  sekolah sebagai institusi pendidikan harus mengembangkan berbagai sistem pembinaan yang sifatnya memotivasi  dan  mengembangkan  potensi para  siswa. Salah satunya dengan melakukan pemilihan siswa berprestasi, yang diharapkan dapat menjadi panutan dan juga pelecut semangat bagi siswa lain sebagai generasi muda penerus cita-cita bangsa. Namun pada umumnya pemilihan siswa berprestasi lebih menitikberatkan dalam prestasi akademik. Seperti halnya pada SMPN 3 Mejayan, dalam proses pemilihan siswa berprestasi bobot penilaian akademik lebih besar dari nilai non-akademis. Sehingga timbullah permasalahan dalam penentuan bobot terbaik dari setiap kriteria baik itu akademik maupun non-akademik. Untuk itu perlu dibuatkan sebuah sistem yang mampu bekerja secara akurat dan obyektif dalam pengambilan keputusan sehingga hasil yang dikeluarkan benar dan bisa disebut sebagai siswa berprestasi.

Dalam pembuatan sebuah sistem perlu adanya metode-metode pendukung yang digunakan didalamnya. Metode yang digunakan adalah Fuzzy Logic Tsukamoto dan Weighted Product. Dari hasil perbandingan data manual dari pihak sekolah dengan data keluaran sistem memiliki akurasi sebesar 89.47%.

Keywords

Fuzzy Logic Tsukamoto, Weighted Product, Siswa Berprestasi, Pendidikan