Abstract
Penelitian ini membahas tentang analisis pengaruh website promosi terhadap transakasi penjualan di toko pelangi busana. Analisis yang bertujuan untuk mencari pengaruh variabel barang yang ditampilkan di website dan variabel fitur/tampilan website terhadap keputusan pembelian pengunjung website. Analisis menggunakan metode pengumpulan data kuisioner selama dua bulan. Data analisis akan diolah dengan teknik analisis regresi logistik menggunakan software spss 20. Dari analisis regresi akan diperoleh hubungan antara variabel dan kecenderungan pengunjung website dalam melakukan pembelian barang. Hasil pengujian dari penelitian ini menggunakan uji data kuisioner. Selanjutnya uji kuisoner dilanjutkan dengan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis regresi logistik. variabel yang diteliti dari website adalah barang yang ditawarkan(x1), tampilan/fitur website (x2) dan variabel yang diteliti dari transaksi penjualan adalah keputusan pembelian dari pengunjung website(y). Berdasarkan hasil uji kuisioner yang dilakukan selama dua bulan, terdapat 196 pembeli (38%) telah mengunjungi website toko dari 514 pembeli yang melakukan transaksi. Selanjutnya dari hasil Analisis Regresi Logistik, variabel x1 menghasilkan nilai signifikan 0,004 dengan odds ratio sebesar 4.002 artinya variabel produ yang ditampilkan (x1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pengunjung website dengan kecenderungan terjadinya pembelian barang sebesar 4x. Variabel x2 menghasilkan 0,804 dengan odds ratio sebesar 1.058. Variabel dinyatakan berpengaruh signifikan bila nilai yang dihasilkan < 0,005. Tampilan/fitur website(x2) dinyatakan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sehingga menghasilkan nilai odds ratio yang kecil.