Rancang Bangun MobileGame Pengenalan Tanaman Herbal pada Platform Windows Phone

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2014 by Doro Jurnal
Volume 3 - Number 10
Year of Publication: 2014
Arianty Anggraini, Eriq Muh. Adams Jonemaro dan Wibisono Sukmo Wardhono
Download Article

 


Abstract

Indonesia merupakan negara agraris dimana berbagai tanaman, mulai dari sayur dan  buah-buahan yang kaya akan manfaat, tumbuh dengan subur.  Sayang, banyak masyarakat yang kurang mengetahui manfaat dari tanaman tersebut. Maka dari itu dibuatlah game adventure untuk mengenalkan sekaligus mengetahui manfaat yang terkandung dalam tanaman tersebut yang dikemas dengan mudah dan menyenangkan. Permainan ini dibuat di tengah minimnya pengetahuan masyarakat tentang tanaman yang semakin hari meninggalkan cara pengobatan tradisional. Mereka cenderung memilih pengobatan modern yang menggunakan obat-obatan kimia karena dipengaruhi oleh majunya dunia kesehatan terutama dibidang farmakologi.

Permainan edukasi ini dibuat melalui tahap game concept design dan technical design. Implementasi permainan menggunakan bahasa pemrograman C# dan framework XNA. Untuk pembuatan objek-menggunakan Adobe Flash CS6 dan Adobe Fireworks CS6. Permainan ini dapat diaplikasikan pada platform windows phone. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode black-box testing dengan strategi pengujian validasi. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode white-box testing meliputi pengujian unit dan integrasi.  Pengujian performa permainan dilakukan melalui pengujian Frame Per Second (FPS) dan dihasilkan rata-rata FPS game yaitu 30 FPS.  Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan bahwa permainan ini telah memenuhi kebutuhan fungsional dan non fungsional.

 

Keywords

Permainan Edukasi, tanaman herbal, XNA