RANCANG BANGUN SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) (STUDI KASUS: TOKO BUKU TOGAMAS MALANG)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 5 - Number 9
Year of Publication: 2015
Lovina Rachmasari, Satrio Agung W. dan Diah Priharsari
Download Article

 


Abstract

Togamas merupakan toko buku diskon yang memiliki banyak pelanggan. Namun segala kebutuhan yang berorientasi pada pelanggan masih kurang efisien. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat diterapkan metode CRM (Customer Relationship Management) yang berguna untuk mengelola relasi antar pelanggan dan perusahaan dalam rangka peningkatan loyalitas pelanggan dengan memanfaatkan media elektronik. Penggunaan metode CRM dengan menggunakan media elekronik biasa disebut E-CRM (Electronic Customer Relationship Management). Konsep CRM yang diterapkan berfokus pada Entreprise Management Automation (EMA) dan Service Automation (SA). Yang termasuk dalam fitur EMA antara lain managemen promo dan member, sedangkan fitur yang termasuk SA adalah managemen saran, keluhan dan pertanyaan dari pelanggan. Pengujian dari sistem ini menggunakan black box dan user testing. Berdasarkan pengujian black box, sistem telah dapat berjalan dengan baik yang ditandai dengan tiap-tiap fungsi dapat dijalankan tanpa kesalahan. Sedangkan dari sudut pandang user testing cenderung positif dengan hasil variabel kemudahan Sangat Setuju sebanyak 24% dan Setuju sebanyak 66% sedangkan variabel manfaat Setuju sebanyak 68% dan Sangat Setuju sebanyak 24%. Dilihat dari hasil mayoritas menunjukkan bahwa sistem dapat memberikan kemudahan dan manfaat bagi pengguna.

Keywords

sistem informasi, cutomer relationship management, otomatisasi pemasaran, otomatisasi pelayanan