Abstract
Fisika merupakan salah satu pelajaran yang memuat banyak konsep abstrak sehingga untuk belajar fisika siswa harus mengolah informasi yang diterima dengan melibatkan semua inderanya. Untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fisika, khususnya Hukum Newton, perlu adanya media pembelajaran yang dapat dijadikan sarana penyampaian materi pada siswa, salah satunya adalah game edukasi. Game edukasi dapat kita gunakan sebagai sarana dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Game ini dibuat sesuai dengan spesifikasi kebutuhan yang telah ditentukan dalam perancangan dan berdasarkan salah satu penerapan Hukum Newton, yaitu sistem katrol. Dalam game edukasi ini terdapat sepuluh level yang dapat dimainkan. Berdasarkan hasil pengujian white box, tombol pull terhadap pergerakan katrol menghasilkan jalur kasus uji terpanjang, sehingga membutuhkan waktu eksekusi lebih lama. Pada pengujian validasi menggunakan black-box testing dengan metode playtesting dan combinatorial. Berdasarkan hasil pengujian playtesting dapat disimpulkan bahwa game penerapan Hukum Newton ini dibuat dengan tampilan yang mudah untuk dipahami dengan karakter binatang yang lucu. Pada pengujian combinatorial, tidak ditemukan adanya kesalahan dalam setiap pasangan parameter yang dikombinasikan, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi dan fungsionalitas game telah memenuhi kebutuhan yang ada dalam daftar kebutuhan.