RANCANG BANGUN GAME POWER EGG SEBAGAI MEDIA BELAJAR BERHITUNG DAN GERAK INTERAKTIF MENGGUNAKAN MICROSOFT KINECT 

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 8 - Number 9
Year of Publication: 2016
Martua Indah Christian Saragih Napitu, Issa Arwani dan Wibisono Sukmo Wardhono
Download Article

 


Abstract

 

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dikenal sebagai pelajaran stressor utama dalam proses belajar di sekolah. Kesulitan belajar di bidang matematika merupakan jenis kesulitan yang paling banyak ditemukan pada anak-anak sekolah dasar. Karena tingginya tingkat stres atau khawatir membuat banyak siswa yang beranggapan bahwa matematika adalah bidang studi yang paling sulit dan menakutkan. Sebuah permainan yang fun dapat digunakan untuk mengurangi tingkat stres siswa. Pada masa sekarang ini video game sebagai media hiburan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari anak balita hingga orang dewasa sekalipun sangat senang bermain game. Selain sebagai media untuk hiburan video game juga dapat menjadi saran belajar untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan menambah pengetahuan.

Penulis berinisiatif untuk mengatasi permasalahan anak yang tidak menyukai pelajaran matematika dengan membuat sebuah game edukasi yang bernama game Power Egg dengan memanfaatkan teknologi kinect sebagai media pembelajaran matematika serta meningkatkan pergerakan motoric dan interaktif untuk anak kelas 1-3 SD. Dari pengujian yang dilakukan,dari segi fun semua anak yang memainkan ini merasa senang  dan  96% anak ingin mencoba permainannya lagi. Selain itu, dengan memainkan game ini rata-rata tingkat keberhasilan penyelesaian soal matematika  yang diujikan terhadap 30 siswa SD naik 8.8%.

Keywords

Matematika, game edukasi, Kinect, Power Egg.