Abstract
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) merupakan institusi pendidikan tinggi bergerak di bidang kesehatan yang memerlukan dukungan teknologi. Untuk mewujudkan visi dan misi serta meningkatkan kualitas STIKES perlu peningkatan mutu dalam proses bisnis yang dijalankan agar dapat mengoptimalkan sumber daya manusia, terutama di lingkungan Bagian Kepegawaian STIKES. Ada beberapa masalah di alur proses bisnis pengelolaan pegawai di Bagian Kepegawaian STIKES yang membutuhkan perbaikan proses bisnis guna memberikan efektifitas dan efisiensi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Penelitian ini menggunakan metodologi pengembangan arsitektur enterprise TOGAF ADM. TOGAF ADM memberikan metode yang detil untuk membangun, mengelola serta mengimplementasikan arsitektur enterprise dan sistem informasi. Hasil penelitian ini adalah cetak biru perbaikan proses bisnis yang baru, menggunakan pendekatan sistematis yang dapat meningkatkan nilai tambah bagi penggunanya dan pengujian ini menggunakan analisa fit/gap yang bertujuan mengetahui perbedaan gap dari masing-masing teknik perbaikan proses bisnis. Dari hasil analisa fit/gap menunjukkan teknik perbaikan yang memerlukan penanganan terlebih dahulu sesuai dengan prosentase hasil analisa fit/gap yaitu Eliminated dengan Gap sebesar 72%, Simplify dengan partial sebesar 60%, Automated dengan partial 59% dan Integrated dengan Partial sebesar 50%.