Abstract
Bisnis mebel merupakan bisnis yang menguntungkan, keuntungan yang bisa didapat dari penjualan mebel mencapai 30%. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan-perusahaan mebel baru bermunculan. Customer Relationship Management (CRM) adalah sistem yang membantu perusahaan dalam mengelola semua aspek dari hubungan dengan pelanggan, termasuk dari segi pemasaran dan promosi, penjualan, layanan pelanggan setelah penjualan, dan juga program - program untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Tujuan utama dari CRM adalah mendapatkan pelanggan baru sebanyak-banyaknya, membina hubungan / relasi dengan tiap-tiap pelanggan, dan mempertahankan pelanggan lama yang potensial bagi perusahaan. CV. Tiga Putra merupakan salah satu perusahaan mebel yang berada di kota Malang. Mereka tidak memiliki suatu sistem yang bisa digunakan untuk melakukan pemesanan secara online, mendata pelanggan, dan memberikan informasi produk perusahaan ke kalangan luas dengan media internet. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba merubah sistem lama dengan sistem baru dengan pendekatan CRM. Dalam analisa dan perancangan sistem informasi berbasis CRM ini, penulis membangun aplikasi dengan berfokus pada fungsi kerja CRM yaitu Marketing Automation dan Customer Support. Hasil pengujian dari penelitian ini menggunakan pengujian black-box dan usability testing. Berdasarkan pengujian black-box, sistem telah dapat berjalan dengan baik tanpa error. Berdasar pengujian usability testing, 52,38% customer berpendapat setuju dalam variabel kemudahan sistem dan 52.38% berpendapat setuju dalam variabel kenyamanan tampilan sistem. Ini berarti sistem baru yang dibuat sudah dapat diterima dengan baik oleh customer.