Abstract
Customer Relationship Management (CRM) merupakan proses mengelola interaksi antar perusahaan dengan pelanggan mengenai penjualan dan layanan perusahaan yang memanfaatkan informasi terintegrasi untuk memahami perilaku pelanggan dan memberikan pelayanan yang terbaik. Penelitian ini dilakukan pada Biro Komunikasi Pemasaran PT.Semen Indonesia (Persero) Tbk. yang salah satu kegiatan loyalitasnya adalah poin pelanggan. Dimana saat ini kegiatan poin pelanggan masih dilakukan secara manual, yaitu pendataan laporan masih belum terkomputerisasi dan pengiriman laporan informasi poin dan data penjualan masih menggunakan pos. Dengan adanya permasalahan tersebut maka diperlukan penerapan metode CRM Oprasional modul Sales Force Automation (SFA) dan Service Automation (SA) aktivitas Customer Self-Service yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan dengan menerapkan sistem informasi berbasis web yang terintegrasi sehingga waktu yang butuhkan lebih efisien. Hasil dari penerapan sistem Customer Relationship Management (CRM) adalah komputerisasi data lebih efisien daripada manual data, dimana pada proses manual kegiatan poin membutuhkan waktu 2 minggu, dengan menerapkan sistem hanya membutuhkan waktu 15 menit saja.