Abstract
Karawitan adalah salah satu karya seni yang menggunakan medium suara yang ditimbulkan oleh instrumen Gamelan. Dibutuhkan suatu usaha untuk melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia. Salah satu usaha untuk melestarikan Karawitan adalah menyimpan Karawitan dalam bentuk permainan edukasi untuk alat-alat musik Karawitan. Permainan edukasi yang dibuat menyisipkan materi-materi cara bermain alat musik ke dalam jalan cerita agar pengguna memperoleh pembelajaran tanpa ada tekanan.
Permainan edukasi ini dibuat melalui tahap game concept design dan technical design. Implementasi permainan menggunakan bahasa pemrograman ActionScript 3.0 dan Adobe Flash CS6. Pembuatan lagu-lagu Karawitan dengan software Audacity. Permainan ini dapat dijalankan pada platform Android 4.1 Jelly Bean. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode white-box testing meliputi pengujian unit dan integrasi serta pengujian black-box testing dengan pengujian validasi. Berdasarkan pengujian langsung dengan pengguna melalui kuesioner didapatkan hasil bahwa aplikasi ini telah memenuhi kebutuhan dari manfaat yang diharapkan. Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan bahwa permainan ini telah memenuhi kebutuhan fungsional dan non fungsional.