Abstract
Buku Pedoman Pendidikan Program Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (PTIIK) merupakan sebuah acuan bagi setiap mahasiswa PTIIK. Tetapi dalam pemanfaatannya masih memiliki kekurangan yaitu banyak dari mahasiswa dan pihak lain belum sepenuhnya mengerti tentang isi dari Buku Pedoman Pendidikan PTIIK. Berdasarkan hal tersebut, dirancanglah sebuah Question Answering System (QAS) yang diharapkan dapat mempermudah proses pemahaman buku pedoman. Dalam penerapannya, QAS yang dirancang ialah berbasis clustering. QAS berbasis clustering ini memanfaatkan algoritma K-Means untuk clustering data. Untuk membantu search engine dalam menghitung kemiripan dari sebuah kata digunakan algoritma Levenshtein Distance. Dan dalam penerapannya, Algoritma Levenshtein Distance dan K-Means dapat dikembangkan dengan baik pada QAS berbasis clustering dengan studi kasus Buku Pedoman PTIIK. Pengujian pada Question Answering System berbasis clustering dengan menggunakan 100 pertanyaan dari 16 mahasiswa, menghasilkan nilai rata-rata Precision, Recall dan F-Measure masing-masing 51,92%, 79,8% dan 62,45%.