PERANCANGAN GAME PUZZLE UNTUK LATIHAN MEMAHAMI CARA KERJA ALGORITMA

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2014 by Doro Jurnal
Volume 4 - Number 8
Year of Publication: 2014
Anggi Meirania Putri, Issa Arwani dan Eriq Muh. Adams Jonemaro
Download Article

 


Abstract

Algoritma merupakan kata yang tidak asing lagi untuk para mahasiswa di bidang informatika dan ilmu komputer. Algoritma ini berfungsi sebagai fondasi untuk menyelesaikan suatu masalah secara terstruktur, efektif, dan efisien. Namun dalam penerapannya, banyak mahasiswa di bidang informatika/ilmu komputer yang masih kesulitan untuk memahami cara kerja algoritma. Maka dari itu, dibuatlah game puzzle untuk membantu latihan dalam memahami cara kerja algoritma. Perancangan game ini diharapkan dapat membantu mahasiswa informatika/ilmu komputer khususnya mahasiswa baru untuk memahami langkah-langkah dalam algoritma. Algoritma direpresentasikan dalam bentuk flowchart yang telah dimodifikasi agar dapat menarik minat mahasiswa untuk belajar lebih memahami algoritma. Perancangan game edukasi ini dibuat melalui tahap game concept design dan technical design. Implementasi perancangan permainan menggunakan bahasa pemrograman C#. Untuk pembuatan objek permainan menggunakan CorelDRAW X4 dan Unity 4. Permainan ini dapat diaplikasikan pada platform Windows PC. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode White-Box Testing yang meliputi pengujian unit dan pengujian integrasi. Pengujian pengguna dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada responden mahasiswa informatika/ilmu komputer. Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan bahwa permainan ini telah memenuhi kebutuhan fungsional dan non fungsional.

Keywords

game edukasi, puzzle, algoritma