SENTIMENT ANALYSIS E-COMPLAINT KAMPUS MENGGUNAKAN FUZZY INFERENCE SYSTEM METODE TSUKAMOTO

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2014 by Doro Jurnal
Volume 4 - Number 8
Year of Publication: 2014
Billy Novanta Yudistira, Indriati dan Sutrisno
Download Article

 


Abstract

Analisis sentimen merupakan domain Text Mining atau penggalian data yang mempelajari bagaimana menganalisa opini, sentimen, evaluasi, penilaian, sikap dan emosi dari sebuah entitas yang dapat berupa produk, pelayanan, organisasi, individu, isu-isu, peristiwa, dan topik. Analisis sentiment dapat digunakan untuk mengenali sentimen complain. Derajat sentimen complain dapat dipergunakan untuk menentukan prioritas complain. Prioritas complain yang tinggi akan diutamakan untuk segera ditanggapai/diselesaikan. Kemudahan, kecepatan dan ketepatan dalam menanggapi complain akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja instansi dalam memberikan pelayanan. Proses pada analisis sentimen diawali dengan preprocessing, dilanjutkan dengan pembobotan kata, kemudian klasifikasi menggunakan metode fuzzy Tsukamoto. Analisis sentimen pada penelitian ini terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama adalah preprocessing, yaitu berupa tokenization, filtering dan stemming. Tahap kedua dilakukan pembobotan kata yang pada skripsi ini menggunakan Term Frequency (TF). Tahap terakhir, dokumen diklasifikasikan menggunakan metode fuzzy Tsukamoto. Klasifikasi dokumen dibagi kedalam dua kelas, yaitu positif dan negatif. Hasil dari klasifikasi analisis sentiment tergantung dari bobot setiap dokumen dan komposisi aturan fuzzy. Aturan fuzzy yang dibangun menggunakan metode pembobotan dengan membandingkan bobot term positif dan bobot term negatif. Pengujian dari analisis sentimen pada e-complaint kampus menggunakan fuzzy inference system metode Tsukamoto menghasilkan rata-rata akurasi sebesar 68.15% dengan nilai tertinggi akurasi sebesar 80%, rata-rata presisi sebesar 68.99% dengan nilai tertinggi presisi sebesar 82.3%, rata-rata recall sebesar 68.57% dengan nilai tertinggi recall sebesar 80%, dan rata-rata f-measure sebesar 64.42% dengan nilai tertinggi f-measure sebesar 79.64%. Nilai akurasi, presisi, recall, dan f-measure tertinggi terdapat pada perbandingan data latih dan data uji sebesar 3:1 dan range fuzzy set dengan penyempitan kurang dari sama dengan 0.08 satuan pada konstanta lamda masing-masing variabel fuzzy.

Keywords

Analisis Sentimen, complaint, fuzzy