AUDIT TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA INFORMATION  TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY (ITIL)  Version 3  (Studi Kasus di PT. INDUSTRI KERETA API (Persero)) 

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 8 - Number 8
Year of Publication: 2016
Andi Prasetio, Suprapto dan Himawat Aryadita
Download Article

 


Abstract

ABSTRAK

PT Industri Kereta Api Indonesia (PT INKA) merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara yang berdiri pada tahun 19 Agustus 1981. Sistem informasi yang digunakan pada sub bagian IT dengan menggunakan salah satu sistem informasi absensi pegawai PT.INKA (Persero) atau yang lebih dikenal sistem HRM. Dalam menyediakan informasi absensi pada bagian IT yang dibutuhkan oleh pihak manajemen dalam membuat keputusan, mendukung integritas data, meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis yang dilakukan dan mengetahui tingkat kinerja pegawai dari PT.INKA (Persero) sendiri. Sejauh ini, berdasarkan pada pengamatan pada sistem HRM sudah berjalan sesuai dengan prosedur dan beroperasi dengan baik dalam memberikan informasi terkait dengan data absensi dan data pegawai serta data lain yang dibutuhkan oleh perusahaan. Permasalahan yang terjadi seperti kelambatan akses, human error pada penginputan data, dan kesalahan dalam sistem ketika digunakan terkadang masih terjadi. Untuk menangani hal tersebut diperlukan sebuah mekanisme kontrol atau audit Sistem Informasi atau tata kelola Teknologi Informasi terhadap nilai dari sebuah layanan dan operasional layanan agar mencapai tujuan dari perusahaan. Tingkat kematangan pada domain SO dan CSI saat ini berada pada level 3. Sedangkan untuk tingkat kematangan yang diharapkan oleh Bagian IT berada pada level 4 sampai 5. Dengan acuan tingkat kematangan yang ada saat ini maka akan diberikan rekomendasi yang dapat membantu Bagian IT untuk dapat mencapai tingkat kematangan yang diharapkan.

Keywords

ITIL versi 3, Maturity Level,Gap Analysis, SWOT Analysis, Service Operation, Continual Service Improvement, PT.INKA (Persero)