IMPLEMENTASI ALGORITMA PENGENALAN WAJAH EIGENFACE PADA INTEL GALILEO UNTUK SISTEM KEAMANAN RUANGAN 

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 8 - Number 8
Year of Publication: 2016
Apry Nur Sudi Yanto, Hurriyatul Fitriyah dan Mochammad Hannats Hanafi L.
Download Article

 


Abstract

Dalam ruang lingkup perusahaan terdapat ruangan yang harus mendapatkan tingkat keamanan yang lebih optimal, seperti ruang server, ruang brankas, ruang penyimpanan arsip dan ruang private perusahaan lainnya. Tidak semua orang dapat memasuki ruangan tersebut, melainkan orang yang hanya diberi hak akses dalam ruangan tersebut. Dalam masalah ini dibutuhkan sistem yang dapat mengidentifikasi seseorang itu berhak ataupun tidak berhak masuk ke dalam suatu ruangan.

Dalam penelitian ini telah diimplementasikan sistem keamanan ruangan menggunakan algoritma pengenalan wajah Eigenface yang diimplementasikan pada Intel Galileo. Sistem akan bekerja ketika sensor PIR mendeteksi adanya pergerakan seseorang kemudian webcam yang terhubung pada USB host Intel Galileo akan mengambil gambar 2 dimensi. Algoritma thresholding kemudian digunakan untuk melakukan segmentasi wajah pada gambar yang sebelumnya dilakukan konversi dari color space RGB ke HSV tersebut. Batas nilai Hue Saturation dan Value ditetapkan seraca manual dimana wajah memiliki batas Hue 5 – 36, Saturation 51 – 132, dan Value 41 – 129. Masing-masing wajah terdeteksi kemudian dihitung bobot sebagai bagian dari perhitungan algoritma Eigenface.

Dari pengujian sensor PIR didapat jarak area deteksi hingga 4,4 m.  Pengujian metode pendeteksian wajah sudah sesuai hasil pengamatan secara manual dengan akurasi 100 %.  Pengujian akurasi pengenalan wajah baik untuk orang yang berhak memasuki ruangan dan yang tidak berhak mencapai 90%.

 

 

Keywords

Eigenface, PIR Sensor, Intel Galileo, sensor LDR, sensor PIR.