Rancang Bangun Game Slash Word Menggunakan Kinect Sebagai Sensor Kendali Game dengan Gerakan Tangan

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2013 by Doro Jurnal
Volume 1 - Number 8
Year of Publication: 2013
Muhammad Aminul Akbar, Adharul Muttaqin dan Eriq Muhammad Adams Jonemaro
Download Article

 


Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang harus dikuasai agar bisa berkomunikasi dan bersaing di era globalisasi. Kosakata bahasa sangat penting sebagai fondasi awal untuk belajar bahasa, termasuk bahasa Inggris. Game yang mendorong pemain untuk bergerak aktif dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang menarik dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris. Berdasarkan pada permasalahan tersebut, penulis membuat game Slash Word yang berisi pembelajaran kosakata bahasa Inggris. Game Slash Word menerapkan teknik interaksi alami dengan memproses setiap gerakan tangan pemain memanfaatkan sensor Kinect. Game dirancang berdasarkan tahapan game concept design dan technical design yang kemudian diimplementasikan menggunakan Jmonkey engine 3. Penggabungan sensor kinect dengan Jmonkey engine 3 menggunakan library Kinect milik Glauco Márdano. Pengujian white box dari game Slash Word menghasilkan kesimpulan bahwa logika program telah berfungsi secara benar. Pengujian black box dari game Slash Word menghasilkan kesimpulan bahwa implementasi dan fungsionalitas game Slash Word telah memenuhi kebutuhan yang telah dijabarkan dalam daftar kebutuhan. Pengujian kinerja game Slash Word menghasilkan kesimpulan bahwa game Slash Word dapat berjalan dengan baik pada komputer yang dapat menghasilkan frame per second lebih besar atau sama dengan 30 FPS ketika memainkan game Slash Word.

Keywords

Game, Kinect, Jmonkey, Kosakata