IMPLEMENTASI METODE PROFILE MATCHING PADA SELEKSI PENERIMAAN DISTRIBUTOR STURI KASUS PT. PUPUK ISKANDAR MUDA

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 6 - Number 7
Year of Publication: 2015
Tara Ashilah Pribadi, Edy Santoso dan Rekyan Regasari Mardi Putri
Download Article

 


Abstract

Distributor adalah perusahaan atau perorangan yang bertindak sebagai perantara antara perusahaan produsen dan pengecer. Pada kasus  ini, distributor memiliki tugas penting untuk membantu memastikan bahwa pupuk yang disalurkan sampai ke tangan para petani. Sehingga, pemilihan distributor tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Terdapat beberapa factor penting yang akan mempengaruhi kinerja distributor seperti modal, akomodasi, tempat penyimpanan  dll. Dengan banyaknya jumlah distributor serta adanya kriteria yang hampir sama yang dimiliki oleh para distributor akan menyulitkan bagi panitia untuk menyeleksi para distributor . .Berdasarkan permasalah yang telah dipaparkan diatas maka penulis melakukan sebuah penelitian menggunakan metode Profile Matching. Penelitian ini menghasilkan akurasi sebesar 78% sedangkan bobot kriteria terbaik yaitu 91%, dengan pemberian bobot ambang batas dan bobot persentase yang berbeda.

Keywords

Distributor, Profile Matching,, core factor dan secondary factor