Abstract
Kebutuhan orang saat ini terus meningkat dan beragam. Tetapi terkadang uang yang tersedia tidak cukup untuk mendapatkan kebutuhan sehingga memanfaatkan jalan lain yang salah satunya adalah dengan meminjam. Peminjaman uang lewat koperasi merupakan salah satu solusinya. Layanan atau sistem transaksi yang ada koperasi saat ini sangatlah sederhana, sehingga memungkinkan terjadi kecurangan petugas saat melakukan tagihan dan pencatatan pembukuan transaksi masih secara manual. Pada penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan aplikasi desktop sebagai interface dalam melakukan pencatatan semua pembukuan transaksi dan memanfaatkan fitur sms gateway sebagai sistem yang mempermudah interaksi nasabah dan petugas ke admin. Metode yang digunakan merupakan metode waterfall dimana metode tersebut menunjukkan pemodelan yang sistematis, dan berurutan. Berdasarkan hasil pengujian usability yang dilakukan pada 20 nasabah, 10 petugas dan 5 administrator didapatkan hasil sebanyak 86,5% nasabah, 82% petugas dan 82% administrator menyatakan setuju dengan aplikasi sistem pembayaran pada koperasi berjalan sesuai fungsi dan kebutuhan pengguna.