PENGEMBANGAN PERMAINAN MOBILE LABIRIN 3D DENGAN PENGENDALIAN BERBASIS PERGERAKAN PENGGUNA

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 6 - Number 7
Year of Publication: 2015
Dhio Alfanda Fanani, Herman Tolle dan Eriq Muh. Adams Jonemaro
Download Article

 


Abstract

Game dan Virtual Reality merupakan perkembangan teknologi yang sangat marak dikembangkan dewasa ini. Game adalah sebuah latihan dari pelaksanaan sistem kendali, di mana terdapat pertandingan antar kekuatan yang dibatasi oleh aturan dalam rangka untuk mendapatkan hasil disequilibrial. Virtual reality adalah sebuah teknologi yang dapat membuat pengguna merasa berada di dalam sebuah lingkungan virtual dengan menggunakan bantuan dari hardware dan software komputer.  Setiap game memiliki jenis genre, Sebuah genre atau jenis game biasanya di gunakan untuk menjelaskan gaya gameplay game tersebut. Game bergenre labirin merupakan salah satu jenis genre yang ada pada game dimana pemain ditempatkan pada sebuah labirin dan ditantang untuk mencari jalan keluar. Dalam pengembangannya, sering dihubungkan antara virtual reality dengan game. Dalam penelitian ini, penulis mencoba menggabungkan antara game dengan virtual reality menggunakan perangkat smartphone dan Google Cardboard untuk menghasilkan sistem pergerakan pengguna yang lebih immersif serta dengan biaya yang lebih rendah.

Keywords

game, virtual reality, labirin, google cardboard.