Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan gaya belajar mahasiswa menggunakan metode Felder Silverman dan backpropagation dengan fitur content visit, exercise visit dan example visit dan dengan target empat jenis gaya belajar yaitu active, reflective, sensing dan intuitive. Karakteristik gaya belajar peserta didik merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran dan pencapaian prestasi belajar. Sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik dinilai sangat tepat dan potensial untuk dikembangkan pada sistem pendidikan yang ada. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya membuktikan bahwa moodle mampu memberikan informasi secara tidak langsung mengenai gaya belajar peserta didik melalui aktivitas yang dilakukan peserta didik pada moodle tersebut. Aktivitas tersebut memiliki pola tertentu yang relevan dengan proses penentuan gaya belajar berdasarkan metode Felder Silverman. Salah satu teknik untuk penentuan gaya belajar tersebut adalah menggunakan jaringan syaraf tiruan dengan algoritma backpropagation. Berdasarkan penelitian yang dilakukan digunakan empat klasifikasi gaya belajar yaitu active, reflective, sensing dan intuitive. Sedangkan berdasarkan enam skenario pengujian pada metode backpropagation didapatkan akurasi terbaik sebesar 90.14% dengan menggunakan data latih sebanyak 60, data uji sebanyak 33, fungsi aktivasi sigmoid bipolar interval -0.8 ; +0.8, jumlah neuron hidden layer sebanyak 7 , learning rate sebesar 0,1, momentum sebesar 0.6 dan iterasi sebanyak 230 kali.