Abstract
User-Centered Design (UCD) merupakan sebuah pendekatan perancangan kontemporer yang melibatkan pengguna secara aktif di setiap tahapan proses desainnya guna melahirkan produk yang lebih efektif dan efisien. Fokus dasar paper ini adalah bagaimana merancang user interface aplikasi pengelolaan Bahan Bakar Minyak (BBM) berbasis web dengan pendekatan UCD yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi seputar pengeluaran BBM untuk kegiatan operational kantor PDAM Kota Malang.
Pada Penelitian ini juga membahas perbaikan dari sisi user interface aplikasi BBM berbasis Web yang digunakan oleh kantor PDAM kota Malang. Pada setiap fase UCD mulai dari teknik pengambilan dan pengumpulan data, penentuan konteks penggunaan sistem, analisis kebutuhan pengguna, perancangan antarmuka dan proses evaluasi user interface yang dilakukan secara bertahap.
Hasil evaluasi pengukuran usabilitas tiap fase perbaikan desain diukur dengan menggunakan uji usability dengan menggunakan komponen data preferensi dan data performansi. Pada setiap komponen data performasi terdapat standard baku aplikasi dikatakan memiliki tingkat usability yang baik. Uji usability ini dilakukan sebanyak dua kali. Kemudian hasil dari pengujian usability dibandingkan hasil evaluasi yang pertama dengan kedua. Mengalami peningkatan yang signifikan dari perbandingan uji usability yaitu segi effectiveness pada usability yang pertama mengalami peningkatan sebesar 20%, segi efesiensi waktu lama pengerjaan task yang dikerjakan oleh masing-masing pengguna mengalami percepatan waktu dari 11,2 menjadi 9,2 detik