Abstract
Pada penelitian ini, penulis memodelkan proses bisnis layanan akademik PTIIK-Universitas Brawijaya dengan Business Process Model Notation (BPMN). Business Process Model Notation (BPMN) adalah suatu standard baru pada pemodelan proses bisnis dan juga sebagai alat desain pada sistem yang kompleks seperti sistem e-business yang berbasis pesan. Berdasarkan layanan akademik yang telah dimodelkan dengan BPMN, penulis mengidentifikasi task yang mungkin dapat dibantu dengan aplikasi Sistem Informasi sebagai dasar untuk usulan perbaikan. Proses bisnis usulan yang dimodelkan dengan BPMN disimulasikan dengan menggunakan tool Bizagi. Hasil simulasi menunjukkan nilai minimum time pada layanan akademik mengalami penurunan dari sebelumnya 5 menit menjadi 1 menit, untuk nilai maximum time mengalami penurunan 11.3% dari 48735 menit menjadi 43210 menit, sedangkan untuk nilai avarage time mengalami penurunan 53.8% dari yang sebelumnya 7146 menit turun menjadi 3298 menit. Dan untuk total time mengalami penurunan 52.7% dari yang sebelumnya 293003 menit menjadi 138525 menit. Dan secara umum hasil pemanfaatan resource mengalami penurunan.