OPTIMASI PENJADWALAN MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN GENETIC ALGORITHM (Studi Kasus: Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangil)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2014 by Doro Jurnal
Volume 3 - Number 7
Year of Publication: 2014
Muhammad Faris, Nurul Hidayat dan Rekyan Regasari Mardi Putri
Download Article

 


Abstract

Penjadwalan mata pelajaran merupakan proses penyusunan jadwal pelaksanaan yang menginformasikan sejumlah mata pelajaran, guru yang mengajar, ruang, serta waktu kegiatan belajar mengajar. Perlu diperhatikan beberapa aspek untuk menyusun jadwal mata pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan. Aspek yang perlu diperhatikan antara lain adalah aspek dari guru pengajar, mata pelajaran yang diajar, serta tidak melanggar constraint yang sudah ditentukan. Penyusunan jadwal secara manual cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama dan ketelitian yang cukup bagi pembuat jadwal. Untuk dapat membuat jadwal yang optimal, dibutuhkan metode optimasi. Pada penelitian ini, akan diuji coba metode optimasi dalam pembuatan jadwal mata pelajaran yaitu genetic algorithm. Genetic Algorithm merupakan pendekatan komputasional untuk menyelesaikan masalah yang dimodelkan dengan proses biologi dari evolusi. Parameter-parameter Genetic Algorithm yang mempengaruhi jadwal mata pelajaran yang dihasilkan adalah jumlah individu, probabilitas crossover, probabilitas mutation serta metode seleksi, crossover, mutation yang digunakan. Pengujian dilakukan dengan cara mencari nilai parameter-parameter genetic algorithm yang paling optimal dalam jadwal mata pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan 500 jumlah generasi, 30 jumlah individu, 30% probabilitas crossover dan 50% probabilitas mutation dapat menghasilkan jadwal yang paling optimal.

Keywords

optimasi, penjadwalan mata pelajaran, genetic algorithm