ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT BERPERILAKU INDIVIDU TERHADAP PENGGUNAAN TELEGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2017 by Doro Jurnal
Volume 9 - Number 7
Year of Publication: 2017
Misbahul Ma`ruf A K, Ari Kusyanti dan Niken Hendrakusma Wardani
Download Article

 


Abstract

Telegram merupakan sebuah aplikasi pesan yang cukup populer saat ini. Namun, pada saat ini belum diketahui faktor apa saja yang dapat memengaruhi niat berperilaku terhadap Telegram. Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor yang memengaruhi niat berperilaku pengguna Telegram. Penelitian ini mengusulkan model yang didasarkan pada Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dikombinasikan dengan privacy concerns, trust dan enjoyment berdasarkan penelitian sebelumnya. Penelitian ini melakukan survei kuesioner pada 300 responden. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan structural equation modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tiga dari enam hipotesis yang memengaruhi behavioral intention dapat diterima, yaitu effort expectancy, performance expectancy, dan trust.

 

Keywords

Telegram, UTAUT, trust, privacy concerns, enjoyment, structural equation modeling