Abstract
Banyaknya pengguna smartphone membuat banyak pihak berlomba-lomba menciptakan aplikasi mobile untuk mempermudah aktivitas. salah satunya adalah aplikasi mobile banking yang membuat nasabah dari suatu bank tertentu tidak perlu repot-repot datang ke ATM hanya untuk transfer atau cek saldo. Namun aplikasi tentu tak selamanya berjalan mulus sesuai keinginan pengembang. Akan ada banyak masukan, kritik maupun saran (komentar) yang masuk untuk me-review apakah aplikasi sudah berjalan dengan baik. Komentar akan menjadi acuan tentang baik buruknya suatu aplikasi. Untuk itu diperlukan suatu opinion mining dalam kasus ini adalah analisa sentimen untuk mengetahui apakah komentar tersebut benar-benar bersifat positif atau negatif. Dalam penelitian ini digunakan metode ensemble classifier untuk mendapatkan nilai akurasi yang lebih baik dengan menggabungkan 2 single classifier yaitu Naive Bayes dan KNN. Hasil keluaran dari sistem ini nantinya adalah komentar tersebut akan termasuk ke dalam komentar yang positif atau negatif. Nilai akurasi tertinggi yang didapatkan adalah dengan menggunakan metode ensemble dengan akurasi mencapai 86.731% kemudian Naive Bayes dengan akurasi 86.084% dan KNN sebesar 85.436% dengan 915 data latih dan 309 data uji.