Abstract
Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu metode untuk menjalin hubungan yang berkelanjutan antara perusahaan dengan para pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) merupakan suatu strategi yang digunakan untuk membangun loyalitas pelanggan dalam jangka panjang dan mengikat pelanggan secara personal dengan menggunakan teknologi yang sudah ada. Operasional CRM terdiri dari Sales Force Automation, Marketing Automation, dan Service Automation. Konsep CRM ini diterapkan pada Padi City Resort Malang. Tujuan menerapkan CRM adalah untuk meningkatkan kinerja perusahaan agar dapat mempertahankan loyalitas pelanggan dengan perusahaan. Saat ini pada Padi City Resort tidak memiliki sistem manajemen pemasaran yang baik. Oleh karena itu diperlukan adanya penerapan konsep CRM dengan merancang prototype sistem untuk membantu Padi City Resort Malang. Konsep CRM berfokus pada operasional CRM pada domain Marketing Automation yaitu Campaign Management, Customer Segmentation, dan Based on Event. Sistem ini diuji menggunakan pendekatan black-box testing dan usability testing. Pada pengujian black-box, hasil pengujian sesuai dengan hasil yang diharapkan dan pengujian usability menunjukkan bahwa 52% responden setuju dengan kemudahaan sistem informasi Customer Relationship Management pada Padi City Resort Malang.