Abstract
CV. Restu Mulya adalah salah satu perusahaan transportasi darat dalam bidang bus malam yang memiliki kantor pusat di Denpasar, Bali. Selama ini CV. Restu Mulya memberikan pelayanan yang cukup baik dan profesional kepada pelanggan. Namun CV. Restu Mulya masih melakukan pendataan pelanggan dengan cara mencatat pada kertas, pengiriman data pelanggan dari kantor cabang ke kantor pusat dengan catatan yang dibuat sebelumnya, sehingga terkadang terjadi kesalahan seperti terjadinya penumpukan data pemesanan yang mengakibatkan pelanggan tidak mendapatkan tiket yang dipesannya. Selama ini data-data pelanggan yang pernah menggunakan jasa CV. Restu Mulya hanya diarsipkan di kantor pusat tanpa memanfaatkan potensi dari data pelanggan. Hal itu menyebabkan pelanggan-pelanggan yang memiliki potensi untuk mendatangkan keuntungan dalam jangka panjang bagi perusahaan justru lebih memilih perusahaan pesaing yang lebih baik dalam memenuhi keinginan pelanggan. Untuk itu diperlukan adanya sebuah sistem informasi Customer Relationship Management (CRM) yang mampu mengolah data dari pelanggan, memberikan informasi yang diperlukan pelanggan dan mendapatkan data keinginan pelanggan sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk itu penulis mengembangkan system CRM untuk mengatasi masalah yang terjadi pada perusahaan dan diperoleh hasil pengujian dari penelitian ini menggunakan metode black box dan usability testing. Berdasarkan pengujian black box, sistem sudah dapat berjalan dengan baik tanpa terjadi kesalahan. Berdasarkan pengujian usability testing, 30,00% customer berpendapat sangat setuju dan 53,33% customer berpendapat setuju dalam variabel kemudahan system sedangkan dari pihak perusahaan, 36,00% berpendapat sangat setuju dan 48,00% berpendapat setuju dalam variabel manfaat. Dapat disimpulkan bahwa sistem baru yang dirancang dapat diterima dengan cukup baik oleh pengguna.