PENGEMBANGAN SISTEM MANAJEMEN DATA PASIEN KLINIK GIGI BERBASIS WEB Studi Kasus Klinik Drg. Damayanti Bogor

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 8 - Number 6
Year of Publication: 2016
Deanti Siti Ajrina dan Tri Astoto Kurniawan
Download Article

 


Abstract

Pendaftaran konsultasi pada klinik Drg. Damayanti Bogor masih dilakukan secara manual yaitu pasien harus datang ke klinik dan melakukan pendaftaran. Kerugian yang didapat dari pendaftaran manual adalah pasien harus pergi ke klinik untuk melakukan pendaftaran. Tidak hanya itu, pencatatan rekam medis pun masih dilakukan secara manual dengan menulis pada lembar rekam medis. Kerugian yang dapat dialami adalah proses pencarian data dan rekam medis pasien membutuhkan waktu yang lama, lembar rekam medis dapat berisiko terkena air atau terbakar yang dapat menyebabkan data rekam medis pasien hilang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan sistem yang dapat membantu kegiatan manajemen data pasien, sehingga seluruh data pasien dapat tersimpan dengan aman, memudahkan pencatatan rekam medis, dan memudahkan pasien di dalam mengatur pendaftaran konsultasi. Sistem manajemen data pasien klinik gigi adalah sebuah aplikasi yang dapat memudahkan dokter dan perawat untuk melakukan kegiatan manajemen data pasien. Sistem ini dibuat dalam bentuk web, sehingga pengguna dapat menggunakan sistem ini dimana saja dan kapan saja. Sistem ini diuji menggunakan metode white box testing untuk pengujian unit dan integrasi dan menggunakan metode black box testing untuk pengujian validasi. Sistem ini telah dilakukan pengujian dengan baik pada pengujian unit, integrasi, dan validasi. 

Keywords

sistem manajemen klinik, pengembangan berorientasi objek, waterfall model, rekam medis, klinik gigi