RANCANG BANGUN SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA TOKO BUKU QUDSI MALANG MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2014 by Doro Jurnal
Volume 4 - Number 5
Year of Publication: 2014
Aulia Hijratain, Novanto Yudistira dan Diah Priharsari
Download Article

 


Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis menuntut Toko Buku Qudsi untuk dapat terus mempertahankan eksistensinya dengan mengikuti perkembangan teknologi. Penerapan sistem Customer Relationship Management (CRM) dimaksudkan dapat menjadi solusi untuk memperluas jangkauan pemasaran dan mempermudah proses pelayanan kepada customer dikarenakan cara kerjanya yang dapat dilakukan secara online. Penggunaan metode prototyping dalam proses pengembangan perangkat lunak ini bertujuan untuk membentuk komunikasi dua arah antara pengembang dan pengguna sehingga dihasilkan sebuah sistem yang tepat guna. Berdasarkan analisis dari hasil pengujian yang dilakukan, disimpulkan bahwa sistem ini telah berfungsi sesuai dengan target perancangan yang dibuat oleh pengembang, selaian itu dari sisi pengguna dapat ditarik kesimpulan pula bahwa sistem ini memiliki tingkat kemudahan penggunaan yang baik serta nilai manfaat yang tinggi.

Keywords

Teknologi, Customer Relationship Management (CRM), prototyping