Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Pegawai Marketing dengan Menggunakan Metode Promethee (Studi Kasus Pusat Layanan Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2013 by Doro Jurnal
Volume 2 - Number 5
Year of Publication: 2013
Eka Hendra Setyawan, Yusi Tyroni Mursityo dan Satrio Agung Wicaksono
Download Article

 


Abstract

Pegawai merupakan salah satu sumber daya yang penting di setiap perusahaan, sehingga dalam memilih calon pegawai, pihak perusahaan harus benar-benar memperhatikan beberapa kriteria yang dibutuhkan. Dalam menyeleksi beberapa calon pegawai, perusahaan memberikan serangkaian tes untuk mengetahui seberapa besar kemampuan calon pegawai yang akan diterima, seperti tes psikologi yang dilakukan oleh PLP UMM dalam pemilihan calon pegawai marketing. Metode pengambilan keputusan yang digunakan dalam pemilihan calon pegawai marketing ini adalah metode Preference Ranking Organization Method For Enrichment Evaluation (PROMETHEE), yaitu metode penentuan ranking atau prioritas dalam MCDM (Multi Criterion Decision Making) atau pengambilan keputusan kriteria majemuk yang merupakan disiplin ilmu yang sangat penting dalam pengambilan keputusan atas suatu masalah yang memiliki lebih dari satu kriteria (multikriteria).Dalam penelitian ini, hasil tes dari PLP UMM dibandingkan dengan hasil aplikasi Sistem Pemilihan Calon Pegawai Marketing. Data yang digunakan berjumlah 29 calon pegawai marketing dengan 7 calon pegawai disarankan untuk menjadi pegawai marketing. Hasil aplikasi menunjukkan 5 dari 7 calon pegawai pada ranking 7 besar teratas sesuai dengan hasil tes yang dilakukan PLP UMM, sementara 2 calon pegawai yang disarankan menurut PLP UMM berada di luar ranking 7 besar teratas. Dari hasil tersebut dihasilkan akurasi kesesuaian yang baik tanpa memperhatikan urutan ranking sebesar 71%.

Keywords

Pegawai marketing, PROMETHEE, ranking.